Olahraga

PSSI Akan Pertimbangkan Kembali Aturan Lima Pergantian Pemain

5

Kompetisi Liga 1 Indonesia berencana akan menggunakan aturan untuk lima pergantian pemain. Lalu sebenarnya bagaimana hal tersebut sesungguhnya. Banyak pihak memang mempertanyakan mengenai aturan tersebut karena dikatakan tidak sesuai dengan Laws Of The Game dari FIFA dan Internasional Football Asociation Board atau IFAB. Mengenai peraturan pergantian pemain yang baru ini sudah dikatakan sendiri oleh CEO PT Liga Indonesia Baru atau LIB yakni Risha Adiwidjaya pada haris Rabu (29/3/2017). Dirinya juga beranggapan hal tersebut sudah berdasar dengan ujicoba yang telah dilakukan di ajang Piala Presiden beberapa waktu lalu. Memang dikatakan juga peraturan baru ini perlu diberlakukan untuk menjaga kualitas dari kompetisi di Liga 1 Indonesia. Memang peraturan ini dibuat untuk menyeimbangka dan memudahkan kewajiban dari tim Liga 1 Indonesia yakni untuk memiliki lima pemain berusia 23 tahun dan tiga diantaranya harus bermain menjadi starter di setiap laga.

Jika kita merujuk kepada Laws Of The Game dari FIFA dan juga IFAB, memang untuk peraturan terbaru dari PT LIB mengenai lima pergantian pemain diperbolehkan. Namun sejatinya peraturan tersebut belum untuk Liga atau kompetisi level tertinggi. Secara jelas di Laws Of The Game dari FIFA dan IFAB yang secara efektif berlaku sejak 1 Juni 2016, pergantian pemain sudah dijelaskan di pasal 03 ayat 2. “Maksimal untuk pergantian pemain hanya tiga subtitusi saja dalam setiap laga di setiap kompetisi di ajang resmi yang diselenggarakan di bawah naungan FIFA, konfederasi atau asosiasi sepakbola nasional”. Memang menurut dokumen dari Laws Of The Game yang baru saja dirilis oleh IFAB pada bulan Maret 2017 ini ada sebuah teks baru yang mengubah peraturan lama. “Jumlah pergantian pemain maksimal hingga lima subtitusi dan bisa digunakan di laga mana pun di sebuah laga resmi yang akan ditentukan oleh FIFA, konfederasi, atau asosiasi sepakbola nasional. Kecuali untuk kompetisi pria dan juga wanita yang melibatkan tim utama dari klub tersebut. atau di divisi teratas dan juga tim nasional senior dimana pergantian pemain tetap maksimal 3 saja. FIFA, konfederasi, atau asosiasi sepakbola nasional dapat memberikan izin untuk melakukan lima kali subtitusi di semua ajang kecuali liga teratas”

Mengingat peraturan lima pergantian pemain tersebut akan diberlakukan untuk liga teratas Indonesia yakni Liga 1 Indonesia, maka PSSI akan mencoba mempertimbangkan dan memilih untuk melakukan konsultasi kepada FIFA. “Aturan ini memang tidak lazim kami akan segera melakukan konsultasi kepada FIFA. Kami harus menjelaskan tujuan dari peraturan ini. Saya tegaskan peraturan ini untuk memudahkan regulasi pemain dibawah umur 23 yang akan diturunkan  di setiap laga” tutur Edy, ketua umum PSSI.

Related Posts

Recent Post

  • PSSI Akan Pertimbangkan Kembali Aturan Lima Pergantian Pemain

    Share this:Kompetisi Liga 1 Indonesia berencana akan menggunakan aturan untuk lima pergantian pemain. Lalu sebenarnya bagaimana hal tersebut sesungguhnya. Banyak pihak memang mempertanyakan mengenai aturan tersebut karena dikatakan tidak sesuai dengan Laws Of The Game dari FIFA dan Internasional Football Asociation Board atau IFAB. Mengenai peraturan pergantian pemain yang baru ini sudah dikatakan sendiri oleh…

  • Regulasi 5 Pergantian Pemain Di Liga 1 Indonesia Tuai Banyak Komentar

    Share this:Liga 1 Indonesia akhirnya secara resmi menerapkan sebuah aturan baru untuk penyelenggaraan liga pertama Indonesia pada musim ini. Peraturan tersebut memperbolehkan pergantian pemain dalam satu laga boleh dilakukan sampai lima kali untuk masing-masing tim. Hal itu kemudian sudah dikatakan secara langsung oleh CEO PT Liga Indonesia Baru atau sering disebut LIB yakni Risha Adiwijaya….